Assalamua’laikum Warohmatullahi Wabarokatuh...
Pertama tama marilah kita panjatkan Segala puji serta syukur kita kepada Allah subhanahu wata’ala atas limpahan nikmat berupa iman, islam dan tentunya nikmat kesehatan kepada kita semua. Yang mana karena nikmat tersebut kita bisa bertemu kembali. Tak lupa Sholawat dan salam kita haturkan kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dan keluarga, shahabat, dan para pengikutnya yang shalih. dan salam sejahtera untuk kita semua.
Dikesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai Microsoft Excel, dimana Microsoft Excel adalah merupakan sebuah aplikasi yang banyak digunakan para penggunannya untuk mengolah data secara sistematis dan otomatis, melalui bermacam macam rumus pengolahan data, perhitungan dasar, pembuatan grafik ,pembuatan tabel, hingga manajemen data.
Kebanyakan orang yang menggunakan Microsoft Excel hanya untuk membuat tabel data saja. Padahal perlu diketahui bersama bahwa Microsoft Excel memiliki banyak fitur fitur dan rumus rumus yang dapat membantu aktifitas pekerjaan kita dalam mengolah data.
Salah satu fungsi dari fitur fitur dan rumus - rumus Microsoft Excel adalah untuk proses perhitungan yang sangat cepat dan sangat akurat .Dan itulah alasan utama saya mengapa saya menyusun rangkaian artikel ini, agar sahabat rahid tau bagaimana cara menggunakan fitur fitur maupun cara menggunakan rumus rumus dalam Microsoft Excel.
Bagi orang yang kerja di kantoran, Microsoft Excel sangat bermanfaat untuk memproses dalam pengolahan data perusahaan. Microsoft Excel juga memiliki rumus untuk memudahkan para penggunanya untuk melakukan perhitungan cepat secara akurat.Aplikasi ini juga dapat membuat suatu grafik tertentu yang dibutuhkan oleh perusahaan.
Microsoft Excel mempunyai lembaran kerja atau spreadsheet yang memiliki fitur-fitur kalkulasi yang sangat sangat baik dalam membantu pekerjaan kita dikantor. Selain itu Microsoft Excel dapat digunakan untuk kebutuhan dalam pengolahan data atau manajemen data.
1.pada sheet 1, ganti nama menjadi MENU
2.pada sheet 2, ganti nama menjadi ORDER
dan ketik seperti gambar berikut :
3.blok A3 sampai C7
4.klik kanan di area yang di blok tadi, klik name a range, pada name ketik
MASAKAN, klik ok
4.pada C2 gunakan data validation-list.
untuk mengcopy rumus ke bawah kolom, gunakan AUTO FILL
(apabila kita memilih salah satunya, maka nama makanan otomatis muncul)
5.pada D2 ketikan rumus berikut
=VLOOKUP(C2;MAKANAN;2;FALSE)
untuk menghilangkan #N/A, gunakan fungsi IFERROR,
untuk mengcopy rumus ke bawah kolom, gunakan AUTO FILL
6.pada E2 ketikan rumus berikut
=VLOOKUP(C2;MAKANAN;3;FALSE)
untuk menghilangkan #N/A, gunakan fungsi IFERROR,
untuk mengcopy rumus ke bawah kolom, gunakan AUTO FILL
cukup memilih salah satu code, maka nama makanan dan harganya, otomatis muncul
dan berikut hasilnya
untuk mengcopy rumus ke bawah kolom, gunakan AUTO FILL
cukup memilih salah satu code, maka nama makanan dan harganya, otomatis muncul
dan berikut hasilnya
makasih sudah share
ReplyDeleteSolder Temperatur