Assalamua’laikum Warohmatullahi Wabarokatuh...
Pertama tama marilah kita panjatkan Segala puji serta syukur kita kepada Allah subhanahu wata’ala atas limpahan nikmat berupa iman, islam dan tentunya nikmat kesehatan kepada kita semua. Yang mana karena nikmat tersebut kita bisa bertemu kembali. Tak lupa Sholawat dan salam kita haturkan kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dan keluarga, shahabat, dan para pengikutnya yang shalih. dan salam sejahtera untuk kita semua.
Dikesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai Microsoft Excel, dimana Microsoft Excel adalah merupakan sebuah aplikasi yang banyak digunakan para penggunannya untuk mengolah data secara sistematis dan otomatis, melalui bermacam macam rumus pengolahan data, perhitungan dasar, pembuatan grafik ,pembuatan tabel, hingga manajemen data.
Kebanyakan orang yang menggunakan Microsoft Excel hanya untuk membuat tabel data saja. Padahal perlu diketahui bersama bahwa Microsoft Excel memiliki banyak fitur fitur dan rumus rumus yang dapat membantu aktifitas pekerjaan kita dalam mengolah data.
Salah satu fungsi dari fitur fitur dan rumus - rumus Microsoft Excel adalah untuk proses perhitungan yang sangat cepat dan sangat akurat .Dan itulah alasan utama saya mengapa saya menyusun rangkaian artikel ini, agar sahabat rahid tau bagaimana cara menggunakan fitur fitur maupun cara menggunakan rumus rumus dalam Microsoft Excel.
Bagi orang yang kerja di kantoran, Microsoft Excel sangat bermanfaat untuk memproses dalam pengolahan data perusahaan. Microsoft Excel juga memiliki rumus untuk memudahkan para penggunanya untuk melakukan perhitungan cepat secara akurat.Aplikasi ini juga dapat membuat suatu grafik tertentu yang dibutuhkan oleh perusahaan.
Microsoft Excel mempunyai lembaran kerja atau spreadsheet yang memiliki fitur-fitur kalkulasi yang sangat sangat baik dalam membantu pekerjaan kita dikantor. Selain itu Microsoft Excel dapat digunakan untuk kebutuhan dalam pengolahan data atau manajemen data.
Pada artikel kali ini saya akan membagikan tentang fungsi dari rumus COUNTIF, COUNTIFS dalam mengolah data pada Microsoft Excel, dan berikut langkahnya :
*Ketik sesuai contoh
*.Pada kolom E8 masukan rumus berikut :
=COUNTIF((E3:E7);"LULUS")
*.Pada kolom E18 masukan rumus berikut :
=COUNTIF((E13:E17);"LULUS")
*.Pada kolom E19 masukan rumus berikut :
=COUNTIFS(D13:D17;"L";E13:E17;"LULUS")
*.Pada kolom E20 masukan rumus berikut :
=COUNTIFS(D14:D18;"P";E14:E18;"LULUS")
*.Pada kolom E21 masukan rumus berikut :
=COUNTIFS(D$13:D$17;"L";E13:E17;"GAGAL")
*.Pada kolom E22 masukan rumus berikut :
=COUNTIFS($D13:$D17;"P";E13:E17;"GAGAL")
*dan berikut hasilnya
Dengan adanya artikel ini, Besar harapan saya dapat bermanfaat bagi semua orang yang membacanya, terutama bagi sahabat rahid yang bekerja di kantoran atau back office. Mohon maaf atas kesilapan maupun kekurangan dalam penulisan artikel. Demikianlah tutorial ini saya bagikan, semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment
Silahkan Bekomentar Dengan Bijak & Sesuai Dengan Topik